Entrepreneurship, sebuah pandangan…

Siapa yang tak kenal dengan Entrepreneurship sebagai fenomena dari gejala sosial dan ekonomi. Banyak orang yang mengenal Entrepreneurship merupakan seorang individu yang berada dan memiliki fungsi dalam suatu lingkungan sosial.

Karakteristik seorang entrepreneur bukan hanya berdasar pada segala tindakan yang dilakukan namun juga beberapa tindakan yang ditujukan untuk mencapai kemakmuran. Entrepreneurship merupakan nilai dari suatu generasi. Tanpa entrepreneur maka suatu generasi akan kehilangan esensinya. Rentan akan kemandirian, progresivitas, dan kreativitas.

Entrepreneurship bisa dipandang sebagai suatu karakteristik yang dinilai berdasar pada penciptaan suatu nilai yang baru. Karena kunci entrepreneurship adalah kreativitas, menciptakan suatu yang berbeda, inovasi, dan keberanian mengambil resiko.

Seorang entrepreneur dapat dikategorikan sebagai seorang manajer atau leader yang menjalani aktivitas, suatu agen dalam perubahan ekonomi di masyarakat, individu mandiri. Entrepreneur dikenal karena apa yang mereka lakukan berdasar pada tugas yang mereka emban. Beberapa tugas penting terkait entrepreneur diantaranya adalah:

  1. Pemilik Organisasi
  2. Penemu Organisasi Baru
  3. Pembawa Inovasi di Pasar
  4. Pengidentifikasi Market Opportunity
  5. Experts Dalam Pengaplikasian
  6. Leadership
  7. Entrepreneur Sebagai Manajer

Karena entrepreneurship tak sebatas profesi, maka entrepreneurship membutuhkan kemampuan mengolah kesempatan, tantangan, dan resiko dalam tindakan nyata. Seni ber-entrepreneurship pada akhirnya akan lahir seiring dengan pengalaman, eksperimen, informasi berbagai sumber, dan tidak sebatas pada pendidikan di sekolah. Seorang entrepreneurship membutuhkan mental dan semangat yang tinggi karena dihadapkan pada ketidakpastian. Mereka yang berhasil sebagai entrepreneurship adalah mereka yang mampu mengubah ketidakpastian menjadi kemungkinan dan mengubah kemungkinan menjadi kepastian.

Suatu bangsa akan lebih cepat maju ketika di dalamnya memiliki jumlah masyarakat yang memiliki semangat entrepreneurship.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s