Mengenal Secara Umum tentang Rancangan Penelitian

Seorang peneliti tentu tidak akan terlepas dengan namanya penelitian. Jangankan seseorang yang dikenal atau berprofesi sebagai peneliti, adakalanya seorang yang tidak berprofesi sebagai peneliti juga sering melakukan penelitian. Hal ini dapat disebabkan oleh minat, hobi, keingintahuan, bahkan daya kreativitas yang dimilikinya.

Pada dasarnya setiap orang mampu untuk menjadi peneliti, permasalahannya bukan pada kemampuan tetapi terletak pada kemauan. Ada yang mau dan ada yang tidak mau…

Berbicara tentang penelitian, terdapat berbagai jenis penelitian yang dapat dilakukan, dari yang sifatnya sederhana sampai yang sifatnya kompleks tergantung kebutuhan. Secara umum terdapat beberapa jenis rancangan penelitian jika dilihat berdasarkan tujuan dan tipe penyelidikan.

Berdasarkan tujuan penelitian dapat dibedakan menjadi:

  • Studi Eksplorasi, yaitu studi yang dilakukan apabila peneliti tidak mempunyai informasi sebelumnya mengenai fenomena yang akan diteliti. Jadi studi ini dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai masalah yang belum banyak diteliti.
  • Studi Deskriptif, yaitu studi yang dilakukan untuk mengetahui dan menggambarkan karakteristik dari variabel-variabel dalam suatu situasi.
  • Pengujian hipotesis, yaitu studi yang biasanya dilakukan untuk menjelaskan suatu hubungan tertentu, atau menentukan perbedaan antara kelompok atau independensi dari dua atau lebih faktor dalam suatu situasi

Berdasarkan tipe penyelidikan, penelitian dapat dibedakan menjadi:

  • Studi Kausal, yaitu studi yang dilakukan apabila peneliti ingin menggambarkan penyebab (cause) dari suatu masalah (eksperimental dan non eksperimental).
  • Studi Korelasional, yaitu studi yang dilakukan apabila peneliti tertarik untuk menggambarkan variabel yang penting yang berhubungan dengan suatu masalah.
  • Studi Komparatif, yaitu studi yang dilakukan apabila peneliti tertarik untuk mengetahui perbedaan antara satu kelompok dengan kelompok lainnya mengenai satu atau beberapa variabel.

Satu hal penting yang harus diperhatikan oleh peneliti ketika melakukan suatu penelitian adalah menentukan state of the art. Tujuannya untuk mengukuhkan posisi penelitian kita dan menjabarkan perbedaannya dengan penelitian yang sudah ada. Proses plagiasi dapat diminimalisir dengan menentukan state of the art terlebih dahulu. Proses ini dapat dilakukan dengan menyajikan berbagai sumber referensi atau penelitian yang sudah ada kemudian memposisikan penelitian kita dibandingkan dengan penelitian yang sudah ada.

Demikianlah gambaran umum tentang penelitian, semoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s